Tips Menghemat Ala Anak Kos

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Halo semuanya!

Perkenalkan nih, nama saya Maya (bukan asisten rumah tangga). Untuk postingan pertama, saya kasih nih tips menghemat ala anak kos--versi saya sendiri tentunya--bagi kalian-kalian anak kosan yang suka resah gundah gulana terkait manajemen keuangan kamu!

Langsung cekibrot dah.

1. Catat dahulu hal-hal penting yang perlu kamu bayar
Dicatat ya!

Kamu perlu mencatat keperluan kamu tepat setelah kamu mendapat jatah bulanan. Supaya kamu bisa tahu pengeluaran apa saja yang bakal menghadang.

2. Dahulukan dari prioritas yang paling utama
Atur skala prioritas kebutuhan kamu

Jangan keburu keblinger ketika kamu udah gajian. Tetap tenang, fokus, pikirkan dengan jernih. Mungkin kamu lupa bayar iuran Wi-Fi, air, listrik, pulsa, fotokopian, pulpen, paketan buat stalking mantan, punya hutang di temen, dlsb. Dahulukan kebutuhan yang paling penting!

3. Perhitungkan dengan matang sebelum mengeluarkan uang
Penting gak sih?

Yap. Perhitungkan dengan matang. "Apakah kebutuhan ini mendesak?", "apa gunanya nantinya?", "apa benar perlu?", "apakah negara api akan menyerang?" pokoknya, harus waspada dengan godaan nikmat dunia!

4. Hemat pemakaian 
Hemat dong!

Berhubung gaji terbatas, batasi juga pemakaian barang-barang dalam kehidupan sehari-harimu! Jangan keseringan nelpon gebetan, stalking instagram mantan, kencan di McD, jangan suka keluyuran biar hemat bensin, jangan keseringan nongkrong di cafe, nonton di bioskop, danlainlainlagi. Eh buset ngirit apa pelit tuh? Weits! Ini penting, biar di akhir bulan kamu gak mengais-ngais makanan di tempat sampah kosan. Ehehe.

6. Berburu diskon
Indahnya diskon

Ini yang paling saya senang nih. Cari barang diskonan! Pengen tas, sepatu, baju baru buat kuliah, kerudung model baru, dan berbagai pernak-pernik untuk menghiasi badanmu, selalu ada diskon! Tapi jangan kecewa, biasanya barang diskon itu kualitasnya tidak seperti yang kamu harapkan. Namanya juga diskonan :(
Atau mungkin kamu bisa beli di toko grosir terdekat, daripada beli di mall-mall yang harganya bisa jadi selangit :)

5. Berlebihan?
That's too much!
Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Jangan terlalu banyak, juga jangan kurang. Harus ada batasan. Makan secukupnya, pakaian selayaknya, ngayal sewajarnya, eh gak nyambung. Nih ada quotes :
Quotes

6. Tirakat
Mau popcornnya dong

"Barusan liat temen pake tas bagus, jadi pengen."
"Eh tadi di ma*os ada lipstik warna baru kayaknya cantik banget tuh kalo kupake"
"KFC yuk", "pizza keju kayaknya enak"
Tahan. Sabar. Itu namanya baru godaan. Diniati tirakat aja, biar gak kerasa. Omong-omong, katanya tirakat bisa membantu kamu meraih kesuksesan lho! Kok bisa? Bisa dong. You will never know till you have tried kan kan kan yaaaa. Iyain aja.

7. Nabung!
Mulai belajar menabung

Sudah berhemat, tekan pengeluaran disana-sini, untung-untung kalau ada sisa di akhir bulan. Ditabung aja sedikit-sedikit. Biar sedikit lama-lama menjadi bukit. Hemat pangkal kaya. Ora et labora. Mensana in corporesano. Lah?
Mulailah menabung, teman-teman. Lumayan dong kalau bisa beli tas baru pakai duit tabungan sendiri. Namanya juga hidup mandiri. Orang tua jadi gak terbebani. Dengan biaya hidupmu yang tinggi.

---------------------------------------------------------------------------------------

Kalau kalian malas mencatat, bingung caranya mencatat pengeluaran harian, kalian gak perlu bingung! Ada sebuah aplikasi yang bisa memudahkan kamu melakukan hal-hal tersebut!

Namanya adalah Money Lover. Kalian bisa mencatat segala pengeluaran dan pemasukan kalian dengan mudah. Tinggal pencet-pencet doang. Kalian main smartphone tiap hari kaaaan. Iya iya. Kalian juga bisa memantau kebutuhan apa yang sekiranya paling menghabiskan duit. Jadi kalian tahu pengeluaran apa yang perlu dibatasi. Mau dong! Oke tenang. Bisa didapatkan di Play Store terdekat hehe. Gratis kok, untuk fungsi standar. Kalau kamu perlu beberapa fungsi tambahan yang lebih ciamik lagi, ya bayar dulu. Tapi fungsi standarnya sudah cukup membantu kok.

---------------------------------------------------------------------------------------

Sekian saja tips dari saya, semoga bermanfaat meski cuma sedikit.
Akhir kata, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

No comments:

Powered by Blogger.